Kajian Pemateri (KARPET)

Posted by Rully Jumat, 12 April 2013 0 komentar

Jumat 12 april 2013, Kajian Pemateri (KARPET) yang dilaksanakan pukul 16.15 hingga pukul 18.00 merupakan salah satu  rangkaian kegiatan Orientasi Manajemen Keorganisasian di hadiri sekitar 21 peserta. Kajian yang dilakukan bidang pendidikan dan pelatihan Lembaga Penelitian Mahasiswa (LPM) Penalaran Universitas Negeri Makassar. Kegiatan yang terlaksana di rumah Nalar ini menghadirkan tiga pemateri yang merupakan calon anggota LPM Penalaran angkatan ke XVI. KARPET ini bertujuan untuk melatih calon anggota bagaimana cara menjadi pemateri yang baik dan cara berbicara di depan umum karena kajian ini menghadirkan tiga orang penanggap yang siap memberikan kritikan dan saran.

Pengembangan Instrumen Penelitian dalam Paradigma Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif

Materi pertama dibawakan oleh Nurhatija HS dengan judul “Pengembangan Instrumen Penelitian dalam Paradigma Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif”. Mahasiswi jurusan fisika angkatan 2011 ini membawakan materi dengan cukup lancar, hal itu nampak dari kepercayaan drinya untuk tampil pertama kali di banding pemateri lainnya. Materi pertama yaitu instrumen penelitian yang baik terdiri dari 3, pertama Valid, kedua Reliable dan terakhir obyektivitas tinggi. Mahasiswi berkacamata ini juga menjelaskan 4 macam validitas, validitas konstruk, validitas isi, validitas eksternal dan validitas prediktif

Dasar Dasar Keorganisasian

Pemateri kedua adalah Adinuansyah dengan judul “Dasar-Dasar Keorganisasian”. Materi dibawakan secara interaktif dengan melibatkan seluruh peserta kajian melalui pertanyaan-pertanyaan yang dilontarkan pemateri berkaitan judul yang dibawakan. Mahasiswa jurusan Pendidikan Bahasa Inggris tahun 2012 begitu tenang dalam pembawaan materi. Diawali dengan Pengertian organisasi yakni sekumpulan orang yang memiliki tujuan yang sama, dilanjutkan 5 faktor pembentuk organisasi yaitu adanya anggota, pengurus, punya aturan dasar, punya sekretariat dan punya visi misi. Diakhir materi, staff tim ahli penelitian dan pengembangan (LITBANG) ini menyatakan kepentingan bersama di atas segala-galanya. Jadi setiap hal yang ada sangkut pautnya dengan organisasi harus dibicarakan dan kepentingan pribadi harus disingkirkan.

Teknik Pengumpulan Data

Pemateri terakhir, Herman membawakan materi tentang teknik pengumpulan data dalam hal ini dibatasi hanya wawancara. Mahasiswa sastra Indonesia ini disebut sebagai ikon calon anggota LPM Penalaran UNM angkatan XVI karena memberikan suasana baru untuk keluarga Nalar membawakan materi dengan baik. Pemateri memaparkan beberapa keunggulan dan kelemahan dari wawancara, diantara kelemahan wawancara adalah butuh tenaga ekstra dan waktu luang. Sebelum melakukan perekaman atau memfoto responden sebaiknya harus meminta izin dulu untuk menjaga privasi dan agar tidak terjadi masalah untuk kedepannya.

Setelah seluruh pemateri selesai mempresentasikan materinya, selanjutnya pemateri ini akan dievaluasi oleh tiga penanggap yakni Soma Salim S, Mudrikah, dan Tismi Dipalaya. Penanggap pertama yakni Ketua LPM penalaran UNM angkatan XV, Soma Salim S menanggapi secara umum ketiga pemateri ini dan memberikan beberapa teknik presentasi yang benar. Pertama sebelum memulai presentasi jangan lupa memberi salam kepada audiens dan memperkenalkan diri, tempo suara jangan terlalu cepat dan juga jangan terlalu lambat lakukan penekanan terhadap hal-hal penting, Kurangi atau hilangkan penggunaan kata eeee atau kata yang tak memiliki makna sebaiknya diganti dengan kata lain yang bermanfaat misalnya jadi, maka dan lain sebagainya. Interaksi antar pemateri dan peserta juga penting, dalam slide presentasi yang dibuat jangan lupa cantumkan referensi. Saran dari penanggap kedua yakni Mudrikah sejalan dengan penanggap pertama, ia menambahkan saran buat moderator hindari komunikasi 2 arah atau ”debat kusir” antar pemateri dan peserta. Penanggap terakhir yaitu Tismi Dipalaya memberi saran kepada ketiga pemateri agar dapat mengelola forum nya sendiri meskipun telah ada moderator.

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Kajian Pemateri (KARPET)
Ditulis oleh Rully
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://exp-tik.blogspot.com/2013/04/kajian-pemateri-karpet.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Template by Update Berita Teknologi - Trik SEO Terbaru. Original design by Bamz | Copyright of exptik Blog's.