Instrumen Penelitian

Posted by Rully Rabu, 24 April 2013 0 komentar



INSTRUMEN PENELITIAN

Written by : Rully Iswanto

Rabu (24/04/2013), Bidang Pendidikan dan Pelatihan LPM Penalaran UNM kembali mengadakan Kajian Rutin Nalar yang dilaksanakan di ruangan tengah Rumah Nalar. Kajian Rutin Nalar kali ini bertemakan “Instrumen Penelitian” yang dipandu langsung oleh St. Sarah Jacob mulai pukul 16.30 WITA hingga 18.00 WITA. Peserta yang hadir dalam Kajian Rutin Nalar kali ini merupakan calon anggota LPM Penalaran UNM yang sekarang telah masuk dalam tahap Praktek Manajemen Keorganisasian.
Materi ini dibawakan oleh salah satu anggota penelitian dan pengembangan (litbang) LPM Penalaran UNM di buka dengan definisi instrumen penelitian itu sendiri. Beliau menjelaskan ada dua jenis instrumen penelitian yakni dalam penelitian kuantitatif dan penelitian kualitatif. Dalam penelitian kualitatif yang menjadi instrumennya adalah peneliti itu sendiri namun tetap ada guide/pemandu dalam melaksanakan wawancara tersebut, sedangkan dalam penelitian kuantitatif instrumen penelitiannya menggunakan alat tes diantaranya angket/kuisioner, wawancara dan observasi.
Mahasiswi fakultas Psikologi Universitas Negeri Makassar ini juga menjelaskan bahwa dalam penelititan kuantitatif di mulai dengan menentukan defenisi operasional yakni rangkuman teori-teori ataupun defenisi defenisi dari berbagai ahli. Selanjutnya menentukan dimensi atau aspeknya yakni internal dan eksternal. Skala yang digunakan dalam penelitian kuntitatif ada empat yakni nominal, ordinal, interval dan rasio. Skala interval ini pun terbagi lagi menjadi 4 bagian yaitu skala likert, skala gutman, rating scale dan semantic differential. Setelah menentukan skala yang akan digunakan selanjutnya adalah Validitas atau uji kelayakan yakni ketepatan alat ukur yang digunakan dengan variabel.
Minat laskar nalar ini untuk mendalami tentang penelitian sangat tinggi ini nampak dari feedback yang diberikan disetiap sesi pertanyaan yang diberikan. Pemateri pun memberikan jawaban dengan cukup baik. Diakhir materi beliau menyarankan agar materi yang diterima ini tidak berakhir sampai disini saja namun harus terus menerus dipelajari dan diaplikasikan dengan melakukan penelitian-penelitian untuk kemajuan bangsa dan tanah air.




TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Instrumen Penelitian
Ditulis oleh Rully
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://exp-tik.blogspot.com/2013/04/instrumen-penelitian.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Template by Update Berita Teknologi - Trik SEO Terbaru. Original design by Bamz | Copyright of exptik Blog's.